Thursday, December 25, 2008

Malnutrisi Pada Pasien

Semua manusia tidak ada yang mau mengalami yang namanya sakit, tetapi pada kenyataannya manusia tidak bisa dipisahkan oleh penyakit. Ada penyakit yang sebentar disembuhkan ada juga penyakit yang lama disembuhkan.

Yang lama kadang memang dari penyakitnya yang memerlukan waktu dalam penyembuhannya, tetapi ada juga disebabkan oleh faktor lain seperti si pasien ternyata mengalami kekurangan gizi.

Kekurangan zat gizi atau yang lebih dikenal dengan nama Malnutrisi kini sangat dekat dengan kita, bahkan tidak jarang mereka yang sedang sakit betambah parah sakitnya karena kekurangan zat gizi. Dengan kondisi kekurangan zat gizi seperti ini membuat daya tahan tubuh penderita menurun hingga akhirnya penyembuhannya tidak kunjung selesai.

Dampak yang ditimbulkan bagi orang sakit yang terkena malnutrisi bisa dibilang sangat mengkhawatirkan, bahkan jika tersebut tidak segera ditangani akan menyebabkan pada kematian. Banyak penelitian menunjukkan bahwa komplikasi terjadi 2 sampai 20 kali lebih sering pada pasien malnutrisi daripada pasien dengan gizi baik. Adapun dampak jika pasien mengalami kurang gizi, yaitu:
- Fungsi organ-organ tubuh berkurang. Bisa dibayangkan jika organ-organ tubuh yang vital terganggu akan sangat berbahaya dan berujung pada kematian.
- Obat-obatan yang dikonsumsinya menjadi tidak bekerja secara maksimal.
- Berat badan pasien menurun karena tidak adanya gizi.
- Dengan kurangnya gizi, jelas penyembuhan luka akan terhambat.
- Kekebalan tubuh akan terganggu sehingga mudah terserang penyakit infeksi.
- Perawatan di rumah sakit pun menjadi lama.
- Angka kematian pun akan bertambah meningkat.
- Dengan penyembuhan yang lama, jelas akan membuat biaya rumah sakit menjadi membengkak.

Tidak sedikit orang-orang yang tengah atau baru menderita sakit mengalami keadaan malnutrisi (kekurangan zat gizi). Kekurangan gizi ini bisa didapat ketika di penderita memang sudah kekurangan gizi saat akan masuk rumah sakit atau bisa juga pada saat si pasien masuk gizinya baik dan selama di rawat di rumah sakit justru gizinya buruk.

Kondisi malnutrisi membuat daya tahan tubuh penderita menurun, sehingga dapat memperlambat proses penyembuhan. Salah satu solusi untuk mengatasi hal tersebut menurut penelitian bisa di lakukan dengan melakukan terapi nutrisi. Dengan adanya Nutrisi yang baik akan merangang daya tahan tubuh penderita sehingga mempercepat proses penyembuhan.

Oleh karena itu dukungan nutrisi pada orang yang sedang atau baru sakit sangat diperlukan.


Sumber: hanyawanita.com

No comments:

Post a Comment